Government Revenue in the Context of Islamic Economics

Pendapatan Pemerintah dalam Perspektif Ekonomi Islam

Authors

  • Halim Halim UIN Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi Author
  • Ilham Maulidal UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi Author
  • Laura Maulina Author
  • Annisa Khairina UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi Author

Keywords:

pendapatan nasional, GDP, Ekonomi islam, fiskal islam

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan kajian menyeluruh terhadap konsep pendapatan nasional baik dalam perekonomian konvensional maupun Islam. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman komprehensif mengenai pengertian pendapatan nasional, pandangan ekonomi Islam terhadap pendapatan nasional, dan berbagai faktor yang mempengaruhi pendapatan nasional. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memanfaatkan teknik penelitian kepustakaan, dimana tinjauan literatur dan karya-karya terkait yang bertemakan sentral pendapatan nasional digunakan sebagai landasan analisis. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa pendapatan nasional suatu negara mengacu pada jumlah total yang diperoleh penduduknya dalam jangka waktu tertentu. Indikator seperti PDB dan GNI biasanya digunakan untuk memperkirakan upah publik, yang mengukur nilai seluruh barang dan jasa yang diproduksi di dalam suatu negara atau oleh penduduknya. Dari sudut pandang ekonomi Islam, sumber pendapatan nasional antara lain ghanimah, zakat, sedekah, infaq, ushr, jizyah, kharaj, pajak pertambangan, dan wakaf. Selain itu, faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan nasional meliputi total pendapatan dan pengeluaran, tabungan dan investasi, serta aktivitas ekonomi secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Sma, Direktorat Jenderal Paud, Dikdas Dan Dukmen (2020)”

“Apter, David. (1965). The Politics of Modernization. Chicago University Press . (1997). Pengantar Analisa Politik.”

“Samuelson, P. A & Wiliam. 2004. Mikroekonomi Edisi Ke-14 (Terjemahan). Penerbit Erlangga. Jakarta.”

“Fuadi Dkk, Ekonomi Syari’ah, (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021)”

“Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016)”

“Brueckner, M., E. D.-N., & Gradstein, M. (2014, June). National Income and Its Distribution.”

Fauziana, l., mulyaningsih, a., anggraeni, e., y.m, s. C., & rofida, u. (2014, juni). Keterkaitan investasi modal terhadap gdp indonesia. Economics development analysis journal, 372-380. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj

“Irawan, e. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan anggota kelompok sadar wisata pada usaha industri kecil kerajinan souvenir di kota mataram. Jurnal ekonomi dan bisnis indonesia, 2, 1-10.”

“Khilmia, A., & Mustofa. (2022, Juni). Pendapatan Negara Antara Konvensional dan Islam. 18 Nomor 1, 01-15.”

Kira, A. R. (2013). The Factors Affecting Gross Domestic Product (GDP) in Developing Countries: The Case of Tanzania. European Journal of Business and Management, 5 No.4, 148-158.

Louhenapessy, D. J., & J Rijoly. (2022, Mei). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19. Cita Ekonomika: Jurnal Ilmu Ekonomi, 16 (1), 18-27. doi:https://doi.org/10.51125/citaekonomika.v16i1.5350

“Sukirno, Sadono. (2003). Pengantar Teori Makro Ekonomi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.”

“Sukirno, Sadono. (2010) Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.”

“Dumairy, Hadi, S., & Muhammad. (2018, Juli-Desember). MODEL PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal CMES, XI Nomor 2, 174-186.”

“Firdaus. (2012). ANALISIS PENDAPATAN, PERTUMBUHAN DAN STRUKTUR EKONOMI NASIONAL. Jurnal Plano Madani, I, 63-73.”

“Kholis, M., Astuti, D., & Febrianti, R. (2016, Maret). HUBUNGAN ANTARA PENDAPATAN NASIONAL DAN INVESTASI DI INDONESIA (Suatu Kajian Ekonomi Makro dengan Model VAR). Jurnal Organisasi dan Manajemen, 12 Nomor 1, 65-78.”

“Hasan, Asyari dkk. (2023), PENDAPATAN NASIONAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM . Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Keuangan Syariah, IV Nomor 2, 19-32”

“Hanum, Nurlaila. (2017), ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA UNIVERSITAS SAMUDRA DI KOTA LANGSA. Jurnal Samudra Ekonomika, I Nomor 2”

“Samuelson, Nordhus. (2004). Ilmu Makroekonomi, Edisi 17. Jakarta: PT. Media Global Edukasi.”

“Todaro, Michael & Stephen C. Smith. (2006). Pembangunan Ekonomi: Edisi Sembilan. Penerbit Erlangga. Jakarta.”

Downloads

Published

2024-10-02

Issue

Section

Articles

How to Cite

Government Revenue in the Context of Islamic Economics: Pendapatan Pemerintah dalam Perspektif Ekonomi Islam. (2024). BAITUL MAAL : Journal of Sharia Economics, 1(1), 46-62. https://journal.manarulilmi.org/index.php/jse/article/view/22

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.